GMana bLOg Q??

Minggu, 28 September 2008

Makna Sumpah Pemuda

MAKNA SUMPAH PEMUDA

Hari sumpah pemuda, Yang setiap tahun kita rayakan pada tanggal 28 Oktober, adalah hari yang keramat bagi bangsa Indonesia. Namun sayangnya, selama 32 tahun orde baru peringatan hari yang amat penting ini terasa sudah kehilangan “Api”-nya atau jiwanya yang revolusioner. Padahal, sumpah pemuda adalah salah satu diantara berbagai landasan utama bagi kebangkitan nasional kita, dan merupakan semen yang mempersatukan bangsa dan negara kita. Seperti halnya, hari pahlawan 10 November, Pancasila, dan Bhineka Tunggal Ika, Sumpah pemuda adalah pegangan penting bagi kita semua.

Dewasa ini, ketika negara dan bangsa kita sedang dilanda oleh berbagai krisis di banyak bidang, adalah amat penting bagi kita semua untuk menyimak kembali arti penting hari bersejarah ini, dan berusaha menghayati maknanya bagi konsumen kehidupan kita bersama. Ketika beraneka ragam kecenderungan permusuhan atau perpecahan mulai nampak membahayakan persatuan dan kesatuan bangsa kita, maka mengisi hari sumpah pemuda dengan jiwa aslinya amat penting. Suara-suara negatif sebagai akibat pemahaman yang salah tentang otonomi daerah sudah mengkhianati jiwa sumpah pemuda.

Mengingat kebesaran arti sumpah pemuda bagi perjalanan bangsa kita, maka sepatutnyalah kita semua tidak hanya “mengenang” peristiwa besar itu melainkan merenungkan dalam-dalam, betapa urgennya bagi kita semua untuk menjadikan peristiwa ini sebagai salah satu sarana pendidikan bangsa kita yang sedang “sakit” dewasa ini.

Sumpah pemuda mempunyai peran penting untuk mempersatukan rakyat baik semasa pemerintahan colonial belanda, maupun selama revolusi. Karna itu sumpah pemuda harus tetap menjiwai bangsa kita. Inti sari sumpah pemuda adalah bhineka tunggal ika, yang mengandung pengertian bahwa walaupun bangsa Indonesia terdiri dari berbagai suku, agama, ras dan aliran politik tetapi tetap merupakan kesatuan bangsa atau bangsa yang satu. Dengan kata lain, dapat disimpulkan kesatuan dalam perbedaan atau berbeda-beda tetapi satu atau persatuan dalam keragaman. Alangkah sejuknya isi yang terdapat didalamnya.

Tidak ada komentar:

Mengenai Saya

Foto saya
Saia bAek. . . . ,saia ramah . . .saia tdak choMboNg , , ,saia nc jg penYayang . . .(tUl ngak. . . ) betHuL. . .hehehehehehe pokokx bnyk ge dc. . . .hehehe